April 20, 2023

Tips Cegah Kolesterol Naik Saat Rayakan Idul Fitri

Saat merayakan Idul Fitri kita akan sibuk bersilaturahmi serta makan-makan. Mengunjungi rumah keluarga dan kerabat tentu tak lengkap bila tak mencicipi makanan yang dihidangkan.

Momen ini tentu sangat menyenangkan dan tak boleh dilewatkan. Namun, kebiasaan makan bebas ini seringkali menyebabkan masalah kesehatan setelahnya, seperti naiknya kadar kolesterol.

Tentu kita tidak ingin tubuh menjadi sakit saat masih dalam euforia lebaran. Untuk itu, penting bagi kita menjaga kadar kolesterol dengan memperhatikan pola makan saat lebaran. Simak tipsnya, ya!

1 menu berkolesterol tinggi untuk 1 hari
Rendang saat lebaran/foto: freepik.com

Menu yang dihidangkan saat lebaran cenderung berlemak, berminyak, dan berkolesterol tinggi, seperti rendang, opor, dan gorengan. Tentu kita tetap boleh mencicipi hidangan ini, tapi ingatlah untuk membatasi diri.

Tipsnya, jangan mencicipi semua hidangan berkolesterol tinggi dalam satu hari. Pilih satu menu untuk satu hari agar kolesterol tetap aman. 

Makan di piring lebih kecil 
Makan di piring kecil/foto: freepik.com

Saat lebaran kita akan mengunjungi beberapa tempat dan pastinya akan makan di beberapa tempat pula. Tips yang bisa Sahabat terapkan adalah menggunakan piring yang kecil saat makan. Dengan begitu porsi makan pun menjadi lebih sedikit.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah cegah kolesterol/foto: freepik.com

Kunci dari pola makan sehat adalah seimbang. Makanan yang dikonsumsi mesti mengandung nutrisi yang seimbang. Untuk itu, ingatlah untuk mengonsumsi sayur dan buah yang dapat menjaga kadar kolesterol saat lebaran. 

Tetap aktif berolahraga

Aktif berolahraga di idul fitri/foto: freepik.com

Padatnya aktivitas saat Idul Fitri kerap membuat kita lupa untuk berolahraga. Padahal olahraga berperan penting untuk membakar kalori dan lemak tubuh. Dengan aktif berolahraga tubuh juga tetap bugar dan kadar kolesterol pun terjaga.

Untuk itu, sempatkan olahraga saat lebaran, ya! Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging, brsepeda, dan angkat beban.

Nah, itu dia beberapa tips yang mesti Sahabat terapkan selama Idul Fitri agar kadar kolesterol tetap terjaga. Selain menjaga kolesterol tetap stabil, ada baiknya Sahabat juga memeriksakan kadar kolesterol secara rutin untuk cegah komplikasi. Cek paket medical check up RS Prima di sini, ya!

Selamat berlebaran, Sahabat! Yuk rayakan Idul Fitri dengan Prima!
Don't forget to share

Related Artikel

Ingin konsultasi dengan dokter Spesialis?

Check jadwal disini dan segera lakukan Appointment
Jadwal Dokter