Jerawatan Akibat Masker. Kok Bisa?

November 19, 2021

Selama pandemi COVID-19, kita diwajibkan menggunakan masker demi mencegah penularan virus. Sehingga masker menjadi salah satu alat pelindung diri yang wajib kita gunakan setiap hari. 

Namun, penggunaan masker tanpa henti ternyata memicu kemunculan jerawat pada area wajah yang tertutup masker. Jerawat yang disebut maskne (mask acne) ini menjadi masalah kulit yang sangat umum ditemui selama masa pandemi.

Jadi Apa Penyebab dari Maskne?

1. Iritasi akibat gesekan

Penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kulit terus bergesekan dengan masker. Akibatnya, kulit mengalami iritasi dan menyebabkan jerawat. Jerawat akibat gesekan ini dikenal dengan istilah acne mechanica dan cukup umum ditemui di kalangan para atlet yang terus-menerus menggunakan helm dan pelindung dagu.

2. Memicu pekembangan bakteri penyebab jerawat

Area wajah yang tertutup masker menjadi lebih lembap dan berkeringat. Hal ini akibat hawa panas dari nafas yang terkurung di dalam masker. Kondisi seperti ini sangat disukai oleh bakteri penyebab jerawat untuk berkembang dan memicu jerawat.

Bagaimana Cara Mencegah Maskne?

Untuk mencegah kemunculan maskne serta mengurangi keparahan maskne, ada beberapa tips yang bisa Sahabat terapkan, yaitu:

1. Bijak menggunakan masker

Sebelum membeli masker, pilihlah dengan saksama bahan yang digunakan pada masker tersebut. Pastikan bahannya terasa lembut di kulit sehingga dapat mengurangi keparahan gesekan.

Selain itu, mengganti masker secara rutin juga dapat membantu mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat. Untuk itu, gantilah masker bila dirasa telah lembap atau kotor, apalagi jika kamu menggunakan makeup.

2. Rutin merawat kulit

Dalam perawatan kulit ada tiga tahapan dasar yang mesti diterapkan, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Perawatan ini meliputi membersihkan kulit dengan sabun pencuci wajah sebanyak dua kali sehari, menjaga kelembapan kulit dengan pelembap, serta melindungi kulit dari sinar UV dengan rutin menggunakan tabir surya. Rutin merawat kulit dapat menjaga kondisi kulit agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah seperti jerawat.

3. Hindari penggunaan makeup

Menggunakan makeup di bawah masker dapat memicu penyumbatan pori-pori yang berakibat pada kemunculan komedo maupun jerawat. Untuk itu, sebisa mungkin hindari penggunaan makeup yang tebal saat menggunakan masker. Namun, jika Sahabat memang harus menggunakan makeup, maka pilihlah produk yang ringan di kulit, seperti bb cream atau loose powder.

Nah, itu dia beberapa hal penting mengenai maskne yang mesti Sahabat ketahui. Kemunculan jerawat memang menyebalkan, tapi kondisi ini umum dan dapat disembuhkan. Jadi, Sahabat tidak perlu malu karena berjerawat, ya. 

Lebih baik Sahabat fokus dan semangat dengan perawatan kulit agar lekas membaik. Sahabat juga bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih optimal. Salam sehat!

Aman Bersama Prima

Don't forget to share

Related Artikel

Ingin konsultasi dengan dokter Spesialis?

Check jadwal disini dan segera lakukan Appoinment
Jadwal Dokter