January 25, 2024

Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2, Apa Bedanya?

Diabetes melitus merupakan gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Sebenarnya, glukosa (gula darah) merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. 

Akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh sehingga kadar gula dalam darah pun tinggi. Kondisi diabetes yang tidak dikontrol dapat menyebabkan masalah serius seperti kerusakan organ dan jaringan tubuh.

Sebenarnya apa penyebab diabetes? Jadi, diabetes sendiri secara umum dibagi menjadi dua tipe. Kedua tipe ini dibedakan berdasarkan penyebabnya. Simak penjelasan berikut!

Diabetes Tipe 1
Ilustrasi penderita diabetes tipe 1/foto: freepik.com

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh gangguan autoimun dimana tubuh menyerang dirinya sendiri secara tidak sengaja. Kondisi ini mengakibatkan tubuh penderitanya berhenti membuat insulin.

Penyebab diabetes tipe 1 masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada dugaan penyakit ini terkait dengan faktor genetik dan faktor lingkungan. Penderita diabetes ini pun cukup jarang, sekitar 5-10% dari penderita diabetes. Umumnya tipe ini ditemukan pada anak-anak dan remaja.

Diabetes Tipe 2
Ilustrasi penderita diabetes tipe 2/foto: freepik.com

Diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang paling umum ditemukan. Biasanya jenis ini diderita oleh orang dewasa >45 tahun namun bisa juga diderita oleh yang lebih muda.

Pada penderita diabetes tipe 2, tubuhnya tidak dapat menggunakan insulin dengan baik sehingga kadar gula pun tidak normal. Penyakit ini umumnya terjadi akibat gaya hidup dan berat badan. Maka dari itu, kemunculan diabetes tipe 2 dapat dicegah atau ditunda dengan penerapan gaya hidup sehat seperti menurunkan berat badan, konsumsi makanan sehat dan seimbang, serta aktif berolahraga.

Bagaimana Gejala Diabetes Tipe 1 dan 2?
Ilustrasi gejala diabetes cepat lelah/foto: freepik.com

Secara umum, gejala kedua tipe diabetes hampir sama. Perbedaannya adalah rentang waktu kemunculan gejala. Dimana diabetes tipe 1 biasanya muncul lebih kentara dan cepat dalam waktu beberapa minggu.

Sebaliknya, gejala diabetes tipe 2 terjadi secara perlahan dan tidak kentara. Pengidap diabetes tipe 2 cenderung tidak menyadari penyakitnya hingga terjadi komplikasi.

Adapun gejala yang perlu diwaspadai adalah:

  • Mudah haus, padahal sudah minum banyak
  • Sering buang air kecil di malam hari
  • Cepat merasa lapar
  • Cepat lelah
  • Kehilangan berat badan dengan sendirinya
  • Sering muncul sariawan 
  • Penglihatan sering tidak jelas
  • Luka lama untuk sembuh dan sering alami infeksi
  • Kesemutan
  • Mudah mengantuk

Diabetes melitus adalah penyakit yang perlu kita waspadai bersama. Sadari gejalanya sejak dini dan lakukan perbaikan gaya hidup yang lebih sehat agar terhindar dari diabetes.

Jika Sahabat mencurigai gejala diabetes atau memiliki faktor risiko diabetes seperti obesitas, kurang aktif, dan riwayat keluarga dengan diabetes, maka jadwalkan pertemuan dengan dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Lihat selengkapnya jadwal dokter RS Prima di sini.

Don't forget to share

Related Artikel

Ingin konsultasi dengan dokter Spesialis?

Check jadwal disini dan segera lakukan Appointment
Jadwal Dokter