April 17, 2023

Tips Anti Dehidrasi Meskipun Berpuasa

Berpuasa selama bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah wajib bagi umat islam. Selama berpuasa asupan cairan kita pun bisa-bisa berkurang sehingga rentan dehidrasi. Dehidrasi bisa menjadikan tubuh kita lemas, pusing, dan mual.

Tapi sebenarnya, risiko dehidrasi saat berpuasa ini bisa dicegah dengan memaksimalkan asupan cairan saat sahur dan berbuka. Sahabat bisa menerapkan 2-4-2 agar tak kekurangan cairan. 

Apa itu rumus 2-4-2? Simak penjelasan berikut ya!

Foto: Penuhi Asupan Cairan di Bulan Puasa/freepik.com
2 Gelas Saat Berbuka

Saat berbuka puasa, minumlah segelas air terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan takjil dan hidangan lainnya. Setelah makan, minum segelas air lagi sebelum menunaikan Sholat Maghrib.

4 Gelas di Malam Hari

Lanjutkan konsumsi empat gelas air di malam hari untuk penuhi asupan cairan tubuh. Rekomendasi waktunya adalah segelas sebelum makan berat, dua gelas setelah makan, dan segelas menjelang waktu tidur.

2 Gelas Saat Sahur 

Untuk menyempurnakan asupan delapan gelas air per hari, Sahabat bisa minum dua gelas sahur. Sahabat bisa minum segelas sebelum makan sahur dan segelas selepas makan sahur.

Setelah menerapkan 2-4-2, Sahabat bisa berpuasa dengan maksimal dan terhindar dari risiko dehidrasi. Yuk tetap jaga dan penuhi asupan cairan selama bulan Ramadhan!

Namun, apabila Sahabat mengalami gejala dehidrasi yang disertai dengan muntah, diare lebih dari 24 jam, serta tinja berdarah/berwarna gelap, segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit, ya! Jangan ragu hubungi ambulance RS Prima di nomor: 0823-8593-8114.

Tetap Prima selama berpuasa!
Don't forget to share

Related Artikel

Ingin konsultasi dengan dokter Spesialis?

Check jadwal disini dan segera lakukan Appointment
Jadwal Dokter