February 8, 2022

Tak Hanya Pepaya, 5 Makanan Ini Juga Baik untuk Pencernaan

Pepaya atau Carica papaya dikenal baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Pasalnya, buah ini mengandung tinggi serat dan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna.

Penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi pepaya diketahui dapat meredakan konstipasi dan perut kembung. Tapi selain pepaya, sebenarnya ada banyak makanan lain yang juga baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

Nah, cocok banget kan untuk Sahabat yang kurang suka dengan buah pepaya. Simak informasi selengkapnya, yuk!

Sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau/foto: pexels.com


Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini dapat menambah volume serta melunakkan tinja sehingga tinja pun dapat keluar dari usus dengan mudah. Beberapa contoh sayuran hijau yang bisa Sahabat konsumsi adalah bayam, kubis, brokoli, hingga kale.

Beri-berian

Ilustrasi beri-berian/foto: pexels.com


Buah beri juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan. Serat ini akan membantu mencegah sembelit, melancarkan BAB, serta meringankan sindrom iritasi usus besar. Bonus lainnya, buah-buahan kecil dengan rasa yang enak ini juga bisa membantu menjaga berat badan, lho.

Yoghurt

Ilustrasi yoghurt/foto: pexels.com


Yoghurt mengandung probiotik yang bisa membantu menjaga kesehatan usus serta sistem pencernaan. Tak heran, yoghurt sering dijadikan andalan dalam mengatasi masalah pencernaan. 

Tipsnya, Sahabat sebaiknya memilih yoghurt dengan kandungan kalori kurang dari 200, takaran lemak yang tidak lebih dari 4 gram, kandungan gula yang kurang dari 12 gram, dan protein sekitar 6 gram.

Kiwi

Ilustrasi kiwi/foto: freepik.com


Satu buah kiwi umumnya mengandung 2,3 gram serat. Kandungan ini tentu cukup tinggi karena dapat membantu penuhi asupan serat harian sebanyak 9%. Bukan cuma serat, kiwi juga mengandung enzim actinidin yang dapat merangsang gerakan usus menjadi lebih optimal.

Pir

Ilustrasi pir/foto: freepik.com


Buah dengan rasa yang manis ini dapat membantu memenuhi asupan serat harian sebanyak 22%. Pasalnya, dalam satu buah pir terkandung sekitar 5,5 gram serat. Kandungan ini tentu sangat baik untuk membantu melancarkan BAB.

Selain itu, pir juga mengandung gula fruktosa dan sorbitol yang dapat membuat feses menjadi lebih lunak serta merangsang gerakan usus lebih cepat agar feses lebih mudah dikeluarkan.

Nah, selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, Sahabat juga harus memperbanyak minum air putih, membiasakan tidak menahan BAB, serta membiasakan waktu BAB setiap harinya untuk sistem pencernaan yang lebih sehat

Apabila kondisi pencernaan Sahabat tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Informasi jadwal dokter bisa Sahabat cek di sini, ya!



Don't forget to share

Related Artikel

Ingin konsultasi dengan dokter Spesialis?

Check jadwal disini dan segera lakukan Appointment
Jadwal Dokter