March 28, 2022

Tips Puasa Nyaman untuk Penderita Maag

Berpuasa di bulan suci Ramadhan menjadi ibadah yang dinanti oleh para muslim di seluruh dunia. Untuk berpuasa, kita pun mesti menyiapkan fisik dan mental agar beribadah semakin nyaman dan prima.

Namun, bagi penderita maag yang mesti makan dengan teratur, berpuasa mungkin menjadi ibadah dengan tantangan tersendiri. Untuk itu, kita perlu menyiapkan pola makan yang sesuai agar maag tak kambuh di siang hari.

Ada beberapa tips yang bisa Sahabat jalani, loh. Simak yuk!

Makan Secukupnya

Ilustrasi porsi makan secukupnya/foto: pexels.com

Berpuasa seharian mungkin bisa menggoda kita untuk kalap dan menyantap semua hidangan di waktu berbuka. Namun kebiasaan seperti ini mesti dihindari, ya.

Pasalnya, mengonsumsi terlalu banyak makanan dalam satu waktu dapat membuat lambung bekerja lebih keras sehingga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti begah. 

Jadi, sebaiknya Sahabat mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan memberikan jeda waktu untuk lanjut ke hidangan lainnya.

Hindari Makanan Pemicu Maag

Ilustrasi makanan pemicu maag/foto: freepik.com

Pilihlah makanan yang nyaman dikonsumsi. Hindari makanan/minuman yang dapat memicu maag kambuh. Beberapa makanan yang mesti dihindari adalah:

  • Kafein
  • Soda
  • Makanan siap saji
  • Makanan berlemak
  • Makanan pedas
  • Buah yang asam

Kunyah Makanan dengan Perlahan

Ilustrasi makan dengan perlahan/foto: freepik.com

Makan dengan perlahan adalah kebiasaan yang baik diterapkan oleh penderita maag, apalagi saat berpuasa. Pasalnya, makan terlalu cepat dapat meningkatkan aliran balik asam lambung ke kerongkongan setelah makan sehingga dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati.

Untuk itu, bangunlah lebih awal untuk menghindari makan terburu-buru saat sahur serta berbukalah dengan pelan agar perut tetap nyaman.

Jangan Tidur Setelah Sahur

Ilustrasi tidur setelah sahur/foto: pexels.com

Banyak dari kita yang mungkin langsung kembali tidur setelah makan sahur lantaran sangat mengantuk. Padahal, kebiasaan ini tidak baik untuk pencernaan, loh. Apalagi jika Sahabat menderita maag.

Langsung berbaring setelah makan akan berpotensi membuat  isi lambung mengalami refluks (naik) ke esofagus. Akhirnya, timbul sensasi terbakar pada dada dan nyeri pada ulu hati.

Nah, selain menerapkan tips diatas, jangan lupa untuk mengelola stres dengan baik untuk mencegah kekambuhan maag saat berpuasa. 

Sahabat juga bisa berkonsultasi pada dokter untuk merencanakan jadwal obat serta persiapan berpuasa yang lebih tepat. Cek jadwal dokternya di sini, ya!

Don't forget to share

Related Artikel

Ingin konsultasi dengan dokter Spesialis?

Check jadwal disini dan segera lakukan Appointment
Jadwal Dokter