June 13, 2023

Nyut Nyut Gigi Berlubang? Atasi Sekarang!

Gigi berlubang dapat terjadi pada siapa saja, terlebih jika seseorang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan optimal. Kondisi gigi berlubang atau karies gigi diakibatkan oleh proses pembusukan yang disebabkan oleh bakteri sehingga enamel dan dentin gigi mengalami kerusakan.

Ketika mengalami gigi berdenyut akibat karies, Sahabat mungkin merasa kesal hingga ingin mencabut gigi tersebut agar tak sakit lagi. Namun sebenarnya, tak semua gigi berlubang perlu dicabut. Bisa saja gigi Sahabat masih bisa diselamatkan!

Dokter gigi atasi gigi berlubang/foto: freepik.com

Untuk itu, lakukan pemeriksaan ke dokter gigi segera agar dapat diobati dengan tepat. Beberapa pengobatan yang bisa dilakukan adalah:

1. Tambal Gigi

Apabila kerusakan belum terlalu dalam, maka bisa dilakukan penambalan. Tambal gigi akan menutupi rongga pada permukaan gigi supaya tidak meluas.

2. Perawatan Saluran Akar

Ketika kerusakan gigi sudah mencapai bagian pulpa, maka dokter akan melakukan perawatan saluran akar. Perawatan ini dilakukan sebagai alternatif dari cabut gigi.

3. Pencabutan Gigi

Jika karies sudah merusak hampir keseluruhan mahkota gigi atau bagian struktural gigi, maka dokter akan menyarankan pencabutan gigi tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran karies dan mencegah masalah pada gigi lainnya.

Selain perawatan tersebut, terapi fluoride serta perawatan antibakteri juga bisa dilakukan untuk menangani awal karies gigi. Karies gigi yang belum parah bisa berkembang tanpa rasa sakit atau gejala apapun.

Maka dari itu, pemeriksaan rutin ke dokter gigi penting dilakukan untuk mendeteksi dini karies gigi sebelum semakin parah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk jadwalkan pemeriksaan gigi Sahabat di RS Prima Pekanbaru. Cek jadwal dokternya di sini.

Don't forget to share

Related Artikel

Ingin konsultasi dengan dokter Spesialis?

Check jadwal disini dan segera lakukan Appointment
Jadwal Dokter